Cara melubangi objek pada 3ds max

3ds max merupakan software modeling dan animasi 3 dimensi yang sudah sangat dikenal di kalangan para desiger grafis, animator dan para digital artist di dunia. Lebih jelas tentang 3ds max silahkan tanyakan pada om google untuk lebih jelasnya.hehe

Ok tanpa banyak cincong, sekarang kita akan menuju ke TKP untuk belajar cara melubangi objek pada 3ds max….

1. Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuat objek yang akan dilubangi. Disini saya membuat objek balok/box.

Caranya yaitu : klik box yang dilingkari merah.

2. Kemudian buat objek box nya di bidang kerja. Terserah dimana saja bisa, di top, front, left ataupun perspective. Hasilnya kira-kira  seperti gambar dibawah ini.

3. Kemudian klik zoom extents all ( yang dilingkari merah).letaknya dipojok kanan bawah. Mengenai fungsinya bisa dilihat setelah diklik.. hehhehe

4. Nah kemudian kita akan membuat objek sebagai pelubangnya, misalnya kita akan lubangi objek tersebut dengan bentuk silinder/tabung. Sekarang klik cylinder dan buat objek silinder di bidang kerja. Kira-kira hasilnya seperti gambar dibawah ini.

NB : disini saya membuat kedua objeknya di top view. Hasil akan berbeda terutama untuk silinder jika di view yang lain. Namun itu tidak masalah karena dimanapun kita buat tetap kita bisa merubah posisinya dengan cara klik select and rotate (yang dilingkari merah). 


Caranya, Klik select and rotate kemudian klik/pilih objeck yang ingin diputar/dirubah posisinya kemudian putar. Awalnya memang agak sulit namun jika sudah terbiasa akan terasa gampang ^^.

5. Setelah mendapatkan posisi yang diinginkan. Saya memposisikan seperti gambar dibawah. Dimana objeck silinder derada ditengah-tengah objeck box.

Terserah kalian nanti mau posisi gimana. Yang penting apapun makanannya, minumnya tetap the botol sosro (gak nyambung).. heeee… Sekarang kita akan menuju langkah yang terakhir yaitu melubangi objek box dengan abjeck silinder.

6. Pilih objeck box dengan cara klik select and move kemudian klik objeck box.


7. Setelah objeck dipilih maka akan nampak seperti gambar diatas kemudian klik standard primitives pilih compound objects.

     

8. Kemudian klik Boolean diikuti dengan klik Pick Operand B kemudian klik objek silinder… wow… kini objeck box sudah terlubangi.

Bagaimana.. Gampang bukan… Ini adalah dasar dari cara melubangi objeck di 3ds max. Kalian bisa berkreasi dengan objek yang lain untuk menghasilkan model yang menarik… Semoga tutorial saya ini bermanfaat. Selamat berkarya.. !!!

Copyright © 2011 by : WEN.exe

About these ads

About exestudio

digital artist

Posted on 01/05/2011, in 3DS MAX. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: